BAB 5 : E-mail
5.1 E-mail Sebagai Alat Komunikasi
Email adalah singkatan dari Electronic Mail atau sering juga disebut surat elektronik.
Email atau surat elektronik adalah suatu cara untuk mengirimkan pesan dalam format data elektronik dari satu komputer ke komputer lainnya.
Email
merupakan fasilitas internet yang paling banyak dimanfaatkan oleh
pengguna. Dengan adanya adanya email maka akan mempermudah orang dari
seluruh penjuru dunia untuk saling berkomunikasi dalam waktu singkat.
Salah
satu alasan disebarluaskannya internet sebagai jaringan komputer
internasional adalah fleksibilitas dari berbagai jenis komputer yang
dapat terhubung dengan internet.
Syarat melakukan pengiriman E-mail (Mengirim surat dengan internet) adalah:
1. Membuat alamat email contoh: info@g-excess.com
2. Mengetahui Username & Password dari email; “Account dan kata sandi”.
3. Mengetahui E-mail yang di tuju.
Terdapat 4 jenis layanan email :
1. Email Berbasis WEB
Email
berbasis WEB adalah layanan email yang ditawarkan oleh website-website
penyedia jasa layanan email, sepaerti Yahoo, Hotmail, Bolehmail,
Lovemail, plasa.com, dll. Layanan email jenis ini biasanya diberikan
secara gratis oleh website yang bersangkutan.
Kelebihan email berbasis WEB adalah biasanya diberikan secara gratis. Selain itu, kita dapat mengecek email dari mana saja.
Kekurangan
email jenis ini adalah kita bisa membaca email hanya dalam kondisi
online sehingga membutuhkan biaya koneksi ke internet ynag lebih besar.
2. . POP Mail
POP Mail adalah email yang diterima melaluiI nternet Service Provider yang menjadi layanan kita.
Kelebihan POP Mail adalah email jenis ini dapat dibaca dalam kondisi offline (tidak terhubung ke internet).
Mengecek
email dapat dilakukan dengan cara menghubungkan (connect) komputer ke
internet, kemudian mendownload emeil-email kita dan kemudian memutuskan
hunungan dengan internet. Setelah itu kita dapat membaca satu persatu
email yang kita terima. Setelah kita selesai membuat balasan, kita
kemudian dapat terhubung lagi ke internet dan kemudian mengirimkan
balasan email yang kita terima. Untuk melakukan hal di atas, kita harus
mempunyai program client seperti Eudora atau Microsoft Outlook Express.
Kekurangan dari POP Mail adalah kita tidak membuka email dari sembarang tempat.
3. Email Forwarding
Email forwarding
adalah layanan email yang meneruskan email yang diterimanya ke alamat
email kita yang lain. Email jenis ini bermanfaat bagi orang yang suka
ganti-ganti alamat email.
Kelebihan email forwarding
adalah kita bisa menyembunyikan alamat email yang sesungguhnya. Selain
itu, bila kita mengganti alamat email, kita tidak perlu memberi tahu
alamat email yang baru, kita cukup memberikan alamat email
forwardingnya.
Untuk mendapatkan email Kekurangan
email jenis ini adalah karena hanya bersifat perantara dan harus
meneruskan email yang diterima ke alamat yang lain, email tersebut
membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sampai ke alamat email yang
sesungguhnya.
Fungsi Email Sebagai Alat Komunikasi
1. Alat komunikasi yang mudah, murah dan cepat.
2. Dapat mengirimkan file berupa program, gambar, grafik, dan file lainnya.
3. Dapat mengirim ke beberapa orang sekaligus secara bersamaan.
4. Dapat digunakan untuk mengirimkan surat atau ucapan selamat kepada keluarga di kampung halaman atau di luar negeri.
5. Dalam bidang bisnis, untuk melakukan kesepakatan bisnis atau mengirimkan dokumen penting.
-Dampak Negatif Email Sebagai Alat Komunikasi
1. Alat penyebaran firus komputer.
2. Alat komunikasi orang yang mempunyai tujuan buruk, seperti untuk kegiatan teroris.
Terdapat banyak cara untuk mendapatkan email :
1. Undangan dari teman
Cara
ini melalui teman yang telah memiliki account pada penyedia layanan
email tersebut. Kamu tidak dapat mendaftarkan diri tanpa undangan dari
salah seorang yang telah menjadi anggota.
Contoh layanan ini : layanan email yang disediakan oleh Google (mail.gmail.com)
2. Dari Internet Service Provider (ISP)
ISP
adalah perusahaan yang melayani koneksi internet. Beberapa contoh ISP
di Indonesia, antara lain Indosat NET, WasantaraNET, dan IndoNET.
Koneksi internet dilakukan berdasarkan jumlah jam akses atau hak pakai
selama 24 jam per hari. Kamu harus mandaftarkan diri kepada penyedia
layanan tersebut untuk mendapatkan layanan email.
3. Dari perusahaan
Email
yang diperoleh dari perusahaan adalah email yang diberikan oleh suatu
perusahaan. Ciri khasnya adalah alamat email ini memiliki identitas
perusahaan dimana email tersebut terdaftar. Untuk mendapatkan email
jenis ini, seseorang harus manjadi karyawan dari perusahaan tersebut.
4. Memesan sendiri
Cara
ini bertujuan untuk mendapatkan alamat email khusus yang dapat kamu
tentukan sendiri, mulai dari nama domain, identitas kamu, serta
fasilitas yang ingin kamu dapatkan dari email tersebut. Untuk
mendapatkannya, kamu harus memesan domain terlebih dahulu, kemudian
memesan paket hosting untuk server kamu, baru kemudian kamu akan dapat
menggunakan email tersebut.
5. Melalui penyedia email gratis
Cara
ini merupakan cara paling mudah untuk mendapatkan email. Kamu tinggal
mengunjungi web penyedia tersebut, mengisi data pribadi lalu kamu pun
akan memiliki email secara instan.
5.2 Pendaftara E-mail
1. Melakukan Pendafataran di Yahoo Mail
Yahoo
merupakan situs penyedia layanan email paling populer karena mempunyai
banyak fasilitas yang berguna di dunia internet. Untuk memulai membuat
email, kita harus membuat akun (account) terlebih dahulu. Sebenarnya
saat ini ada layanan email gratis yang juga sama-sama bagus yaitu Gmail,
layanan email dari Google. Tapi sekarang hanya akan kita pelajari cara
membuat akun email di Yahoo dengan harapan agar bisa dipahami sehingga
dengan anda bisa membuat akun email di Yahoo, maka anda juga akan bisa
membuat akun email di manapun.
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
Buka situs www.yahoo.co.id dengan Mozilla Firefox atau Internet Explorer
· Klik link dengan ikon dan tulisan email, dan terbuka halaman Yahoo MailPerhatikan pada pengisian id Yahoo anda!
Dikarenakan sudah sangat banyak yang menggunakan Yahoo, ada kemungkinan id Yahoo yang ingin anda buat tidak tersedia. Dalam hal ini Yahoo sudah secara otomatis memberikan pilihan id Yahoo. Jika id yang anda inginkan tidak tersedia, pilih saja salah satu id yang disarankan Yahoo yang menurut anda paling gampang diingat, klik
Dikarenakan sudah sangat banyak yang menggunakan Yahoo, ada kemungkinan id Yahoo yang ingin anda buat tidak tersedia. Dalam hal ini Yahoo sudah secara otomatis memberikan pilihan id Yahoo. Jika id yang anda inginkan tidak tersedia, pilih saja salah satu id yang disarankan Yahoo yang menurut anda paling gampang diingat, klik
· pada nama id yang ingin anda pilih.
6.Jangan lupa beri tanda centang pada checkbox disamping “Anda Setuju”
sebagai catatan kalau anda setuju dengan peraturan Yahoo Mail
7.Setelah semua kolom terisi, klik tombol “Buat Akun Saya”
8.Jika ada kesalahan dalam pengisian formulir, maka anda akan dibawa kembali ke halaman formulir pendaftaran. Lihatlah dimana letak kesalahannya, perbaiki dan ulangi untuk membuat akun anda.
9.Jika pendaftaran berhasil, maka anda akan dibawa ke halaman konfirmasi bahwa anda berhasil membuat akun di Yahoo Mail. Ini berarti anda sudah berhasil membuat email di Yahoo Mail.
7.Setelah semua kolom terisi, klik tombol “Buat Akun Saya”
8.Jika ada kesalahan dalam pengisian formulir, maka anda akan dibawa kembali ke halaman formulir pendaftaran. Lihatlah dimana letak kesalahannya, perbaiki dan ulangi untuk membuat akun anda.
9.Jika pendaftaran berhasil, maka anda akan dibawa ke halaman konfirmasi bahwa anda berhasil membuat akun di Yahoo Mail. Ini berarti anda sudah berhasil membuat email di Yahoo Mail.
5.3 Mengirim dan Membaca E-mail
Mengirim Email
Masuk ke email dengan menggunakan ID yang baru selesai didaftar!
Setelah
masuk ke halaman tulis, pertama2 bagian "kepada" diisi alamat email
yang dituju, kemudian "topik" diisi dengan isi surat, kemudian tekan
"Lampirkan File".Setelah itu akan muncul halaman baru untuk memindahkan
file ke dalam surat tersebut.
Setelah
berhasil melampirkan file untuk dikirim, di bagian bawah bisa ditulis
isi surat yang mau dikirim, setelah itu tekan tombol "kirim". Surat akan
otomatis dikirimkan ke alamat yang dituju.
Mengirim Attachment File dalam Email
Langkah-langkah yang digunakan untuk mengirim e-mail attachment adalah sebagai berikut:
1. Klik tombol Start → All Programs kemudian klik Microsoft Outlook.
2. Klik tombol New Missage.
3. Isikan email address tujuan pada kolom To:, jika ada lebih dari satu email address tujuan, tekan enter, kemudian ketikkan email address berikutnya.
4. Pindahkan kursor pada kolom Subject: , kemudian ketikkan tema surat Anda. Perhatikan tampilan berikut.
5. Klik tombol Attachment (insert file berada disebelah tombol send) maka akan tampil layar sebagai berikut.
gambar : Tampilan Insert File – Attachment
6. Kemudian double klik file (misal nama file yang akan dikirim:, memberi nama komputer)
gambar : Tampilan File yang akan dikirim
7. Klik tombol Send, maka file tersebut akan terkirim ke alamat yang Anda kirimkan.
Membaca E-mail
Email disimpan dalam map. Untuk membacanya, Anda harus membuka map tersebut kemudian membuka pesannya.
Apabila
Anda pertama kali membuka Yahoo! Mail, halaman Selamat Datang akan
terbuka di jendela utama. Jika Anda mempunyai pesan baru, kata "Kotak
Masuk" diikuti dengan angka jumlah pesan baru, muncul di bawah tulisan
Selamat Datang. Klik ini. Atau Anda dapat mengklik "Kotak Masuk" di
bagian atas daftar map Anda di bar navigasi sebelah kiri. Atau Anda
dapat mengklik map lain jika Anda mencari pesan di luar Kotak Masuk
Anda.
Daftar email di dalam Kotak Masuk Anda (atau map yang Anda klik) akan terbuka di jendela utama. Klik sekali
di mana saja pada baris info (pengirim, Subjek, Tanggal/waktu) dari
pesan yang ingin Anda baca, dan pesan itu pun muncul dalam "jendela
baca" di bawah. Ini adalah jendela pratinjau. Anda melihatnya? Anda
dapat juga mengklik dua kali baris info pesan dan pesan akan
terbuka di seluruh jendela utama, di bawah tab baru. Dengan cara ini,
Anda memiliki lebih banyak ruang untuk membaca pesan, yang juga mencakup
sub-jendela yang mencantumkan isi map. Pilih saja cara yang Anda sukai!
Setelah Anda membaca pesan, baris info pesan (pengirim, Subjek, Tanggal/waktu) tidak lagi ditampilkan dengan huruf tebal di daftar pesan dalam map. Hanya baris info pesan yang belum dibaca (baru!) yang ditampilkan dengan huruf tebal.
5.4 Mengelola E-mail
Pengelolaan
email berarti dapat mengosongkan folder, atau memindahkan email ke
folder khusus yang diinginkan. Email yang memenuhi inbox dan melebihi
batas memory akan ditetapkan akan menyulitkan kamu ketika akan menghapus
email tersebut.
5.5 Akses E-mail dengan POP
POP Mail adalah email yang diterima melaluiI nternet Service Provider yang menjadi layanan kita.
Kelebihan POP Mail adalah email jenis ini dapat dibaca dalam kondisi offline (tidak terhubung ke internet).
Mengecek
email dapat dilakukan dengan cara menghubungkan (connect) komputer ke
internet, kemudian mendownload emeil-email kita dan kemudian memutuskan
hunungan dengan internet. Setelah itu kita dapat membaca satu persatu
email yang kita terima. Setelah kita selesai membuat balasan, kita
kemudian dapat terhubung lagi ke internet dan kemudian mengirimkan
balasan email yang kita terima. Untuk melakukan hal di atas, kita harus
mempunyai program client seperti Eudora atau Microsoft Outlook Express.
Kekurangan dari POP Mail adalah kita tidak membuka email dari sembarang tempat.
5.6 Layanan Chatting
· Facebook
· Twitter
· Mig33
· Ebuddy
· Yahoo Messenger
· Nimbuzzer
· Hello
5.7 Mailing List
Mailing List juga sering diistilahkan sebagai milis, yaitu sebuah
alamat email yang digunakan oleh sekelompok pengguna internet untuk
melakukan kegiatan tukar menukar informasi. Setiap pesan yang dikirimkan
ke alamat sebuah milis, secara otomatis akan diteruskan ke alamat email
seluruh anggotanya. Milis umumnya dimanfaatkan sebagai sarana diskusi
atau pertukaran informasi diantara para anggotanya. Pengelompokan
alamat e-mail. Artinya, apabila suatu surat dikirimkan ke alamat ini,
maka secara otomatis sistem akan mengirimkannya kepada alamat-alamat
yang telah didaftarkan dalam database mesin tersebut, dengan adanya
mailing list ini, apabila satu surat ingin dikirimkan ke beberapa orang,
maka cukup dikirimkan ke mailing list. Metode pengiriman email juga
dapat diset apakah setiap email yang dikirimkan oleh anggota dapat
diterima atau cukup diterima sekaligus (digest).
Pengaturan diskusi melalui mailing list ini dapat diset dalam bentuk moderated atau unmoderated tergantung siapa saja yang boleh berkomentar dan ikut berdiskusi. Pengaturan diskusi dilakukan oleh seorang moderator.
Pengaturan diskusi melalui mailing list ini dapat diset dalam bentuk moderated atau unmoderated tergantung siapa saja yang boleh berkomentar dan ikut berdiskusi. Pengaturan diskusi dilakukan oleh seorang moderator.